24 April 2008

Pengendalian hama semut pada tanaman buah

Manfaat semut rangrang

Manfaat semut rangrang untuk tanaman telah dikenal di banyak negara. Demikian pula, petani-petani di Delta Mekong (Vietnam) dan di Kalimantan Timur (Indonesia)mempunyai pengalaman mengenai bagaimana semut rangrang dapat meningkatkan kualitas buah. Buah yang dihasilkan menjadi lebih menarik dan lebih segar.

Cara mengendalikan semut hitam

Berdasarkan pengalamannya, Mr. Nguyen Van Chung dari Kabupaten Giong Trom, Provinsi Ben Tre, Vietnam, telah mampu mengendalikan populasi semut hitam. Ia mengembangkan dua strategi yang berbeda bergantung pada musim. Strategi ini didasarkan pada studi perilaku semut hitam tersebut.
• Apabila semut hitam mendatangi kebun dalam jumlah banyak pada musim kering, cara untuk mengendalikannya adalah dengan memberikan umpan berupa ikan busuk yang disebarkan pada luasan 0.5 m2 di kebun. Semut hitam akan mengerumuni ikan tersebut, lalu dibakar.
• Pada musim penghujan semut hitam membuat sarang pada tempat yang kering. Dengan menggantungkan seikat daun atau rumput pada pohon, maka semut hitam akan datang mengerumuni. Daun tersebut dipindahkan lalu dibakar.

Menempatkan sarang semut rangrang baru
Jika masih ada semut hitam pada pohon yang akan kita tempatkan sarang semut rangrang, berdasarkan pengalaman Mr Chung ada strategi sebagai berikut:
Tambatkankan tali dari satu pohon yang dihuni semut rangrang ke tempat yang berisi makanan misalnya udang untuk memancing prajurit semut rangrang keluar
(a).Setelah tempat umpan penuh dengan prajurit semut rangrang, masukkan mereka ke dalam kantong dan pindahkan ke tempat anda ingin membangun koloni baru
(b). Temukan tempat-tempat yang dihuni semut hitam. Dengan memanjat ke tempat yang lebih tinggi, lepaskan prajurit semut rangrang tadi pada tempat ini
(c). Pendekatan ini dijamin lebih berhasil meskipun anda melepaskan prajurit semut rangrang pada tempat lain dalam pohon tersebut. Apabila semut hitam sudah kalah, anda dapat menempatkan sarang semut rangrang.
Saat yang paling tepat untuk mulai menempatkan semut rangrang adalah pada musim penghujan karena semut sangat aktif sehingga dapat membangun sarang baru dalam waktu singkat, kadang-kadang kurang dari 1 jam. Mereka ingin cepat melindungi dirinya dari terpaan hujan.

Menghindari semut rangrang pada waktu manjat pohon
Para petani biasanya menaburkan abu kayu pada cabang-cabang pohon yang ingin dipanjat. Semut-semut yang melewati cabang berabu akan jatuh dan sulit untuk kembali lagi. Menarik, teknik tradisional seperti ini telah dikembangkan oleh petani dari Gabon dan Vietnam. Mereka juga membalur tangan dan kakinya dengan abu sehingga semut tidak menggigit.

Dengan memanfaatkan semut rangrang secara maksimal, anda dapat mengurangi penggunaan bahan kimia yang merupakan sumber polusi udara, tanah dan air. Kebun anda akan menjadi lebih alami, burung-burung dan lebah akan mendatangi kebun anda dan memberikan keuntungan tambahan, antara lain sebagai predator dan parasitoid yang dapat membantu melindungi kebun.

Menghemat Uang
Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Delta Mekong, Vietnam, petani yang memelihara semut rangrang hanya menghabiskan 25- 50% dari jumlah uang yang dikeluarkan untuk pembelian bahan kimia bila dibandingkan dengan yang tidak memelihara semut, sehingga rata-rata hasil panennya tetap memberikan pendapatan bersih yang lebih tinggi. Apa yang dapat anda lakukan dengan ekstra uang yang dihemat itu?

Menghasilkan Buah Organik Saat ini anda dapat menjajaki bagaimana reaksi pasar lokal terhadap buah organik. Buatlah plakat bertuliskan: "Buah yang indah ini
dihasilkan berkat bantuan semut rangrang". Orang-orang akan melihat dengan jelas bahwa buah yang dihasilkan dari pohon yang dihuni semut rangrang mempunyai kualitas
yang lebih tinggi; buah-buah itu lebih mengkilap dan lebih segar.

Alamat yang dapat dihubungi:
Dr. Nguyen Thi Thu Cuc
Department of Plant Protection
Cantho University
Can Tho
Vietnam
Tel. 0084 71 838 513
nttcuc@ctu.edu.vn
Dr. Paul Van Mele
CABI Bioscience
Bakeham Lane
Egham
Surrey TW20 9TY
UK
Tel. 0044 1491 829 000
p.vanmele@cabi.org
www.cabi-bioscience.org
Subekti Rahayu
World Agroforestry Centre (ICRAF)
Jl. Cifor, Situ Gede, Sindang Barang
Bogor
Tel. 0251 625415
s.rahayu@cgiar.org

1 komentar:

CV. Indra Jaya Sakti mengatakan...

malam pak
semut rangrang memang sangat membantu dalam membersihkan hama, yang pernah saya amati semut rangrang memangsa hama yang warna putih seperti tepung yang menghisap sari daun muda. Yang ingin saya tanyakan,
Bisa tidak semut rangrang mengendalikan semut rangrang yang kecil(saya tidak tahu jenisnya). Semut tersebut menjadi hama bagi tanaman saya.
Dan bagaiman membiakan semut rangrang, kebetulan daerah saya jarang ada tanaman yang dijaga dengan semut rangrang. Terima kasih.